Program Kekhususan:

  1. Agroteknologi

Mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan metode pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student centered learning) guna memberikan bekal kompetensi (hard-skills dan soft-skills) kepada mahasiswa. Pada program ini mahasiswa akan mempelajari ilmu dan teknologi yang berkaitan dengan tanaman (genetika, fisiologi, pemuliaan, perbenihan), media tanam (kesuburan dan nutrisi tanaman, mikrobiologi, biologi tanah), lingkungan (hama dan penyakit tumbuhan, agroekosistem/ekologi, evaluasi lahan),  serta ilmu-ilmu pendukung lainnya seperti bioteknologi, kewirausahaan dan manajemen.

 

  1. Agribisnis

Program ini bertujuan untuk menghasilkan sarjana pertanian yang mampu menghadapi tantangan ekonomi global dalam agribisnis. Memberikan kontribusi nyata bagi pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang agribisnis. Memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan dan keberlanjutan pembangunan pertanian/agribisnis yang melibatkan petani kecil dengan kondisi sosial budaya yang

dinamis pada komoditas pangan dan hortikultura unggulan dan kesejahteraan masyarakat melalui pemikiran, pendidikan dan penelitian.

 

Prospek Karier:

Pengusaha, Perkebunan baik Pemerintah dan Swasta, Industri perbenihan, pupuk dan pestisida nasional dan multinasional, Dosen, Departemen di Pemerintahan Pusat dan Daerah, Bank-bank Pemerintah dan Swasta, Industri pangan, pakan, biodiesel, Perusahaan pertanian, Pemerintahan Daerah dengan dinas-dinas teknisnya, Konsultan pemerintah dan swasta.